Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Mata

Tips Perawatan Kesehatan Mata - Mata adalah organ yang penting dalam hidup kita, oleh karena itu Informasi mengenai  tips perawatan kesehatan mata memang penting untuk diketahui, sebab memiliki mata yang sehat merupakan suatu kewajiban yang harus terpenuhi oleh semua orang. Karena dengan mata yang sehat kita akan  dapat melihat indahnya dunia serta mampu melalui segala aktivitas dengan baik dan benar. 

Mata merupakan organ vital berbentuk bola yang menjadi salah satu  dari indera manusia.  Mata memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi, sebagai contoh mata akan tampak merah dan sakit ketika terlalu sering diikucek.

TIPS PERAWATAN KESEHATAN MATA

Tahukah anda, meski terlihat sepele ternyata melihat juga dapat membuat kita merasa lelah. Mata termasuk dalam organ tubuh kita yang bekerja seharian sehingga wajar bila merasa sangat lelah. Ketika anda bekerja didepan layar komputer dalam waktu seharian, maka mata dan tubuh anda tentu akan merasa sangat lelah. Mata yang lelah ini biasanya dikarenakan oleh kondisi mata yang kering. Hal tersebut karena saat menatap layar komputer, mata cukup jarang berkedip sehingga air mata tidak cukup luas untuk melembabkannya.
   
Lalu bagaimana cara kita menjaga agar mata tetap dalam kondisi sehat?
Dibawah ini kami bagi beberapa tips perawatan kesehatan mata yang wajib anda ketahui, diantaranya:

1. Sering berkedip

Salah satu cara yng dapat dilakukan agar mata tidak mudah mengering dan terus terasa lembab yaitu dengan menjaga intensitas mata berkedip. Beberapa aktivitas menuntut kita  untuk selalu menggunakan fokus mata seperti membaca, bekerja didapan layar komputer, maupun berkendara sehingga membuat kita menjadi cukup jarang berkedip.

2. Hindari mengucek mata

Cobalah untuk membiasakan diri tidak mengucek mata ketika gatal. Rasa gatal pada mata dapat disebabkan karena kurangnya kelembapan mata, sementara mengucek mata akan memperburuk keadaan mata kering anda.

3. Perbanyak konsumsi asam lemak omega 3 dan beta karoten
   
Penelitian yang dilakukan tahun 2015 menyebutkan apabila mengkonsumsi banyak asam lemak omega 3 bagi wanita akan mengurangi intensitas seringnya mata mengalami masalah mata kering. Asam lemak omega 3 dapat kita peroleh dari ikan laut seperti ikan salmon maupun dari kacang-kacangan. Sedangakan beta karoten yang banyak terdapat pada wortel mampu mengurangi risiko degenerasi manula.

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh akan menjaga selaput lendir mata untuk tetap lembab serta mampu memperbaiki produksi air mata agar tetap dalam kondisi stabil. Usahakanlah untuk selalu minum air mineral minimal delapan gelas dalam sehari.

5. Gunakan obat tetes
   
Ketika anda merasa gatal pada area mata anda dapat menggunakan jasa obat tetes yang sudah teruji keamanan dan khasiatnya. Namun pastikan penggunaanya sesuai dengan dosis pemakaian serta tidak terlalu sering, sebab penggunaan obat tetes mata yang berlebihan justru dapat merusak kesehatan mata.

6. Hindari penggunaan lensa mata terlalu lama

Penggunaan lensa mata lebih dari sembilan belas jam akan menyebabkan kerusakan kesehatan mata secara permanen serta ketidaknyamanan mata memandang. Oleh karena itu pastikan tidak menggunakan lensa mata terlalu lama dan tidak menggunakannya saat tidur maupun tertidur.

7. Pemakaian kaca mata disaat yang tepat

Ketika kita berada pada ruang terbuka yang menuntut kita untuk selalu terkena sinar matahari langsung, maka gunakanlah kaca mata hitam pelindung UV. Anda juga wajib menggunakan kaca mata pelindung saat bekerja dengan bahan jimia seperti dalam laboratorium kimia.

8. Penuhi kebutuhan cahaya mata

Hindari membaca bacaan pada ruang kurang cahaya karena dapat menyebabkan ketegangan mata. Selain itu hindari pula melihat pada keadaan yang terlalu terang.

9. Cukupi waktu istirahat mata

Berhentilah bekerja ketika mata anda mulai terasa lelah, jangan menghabiskan waktu terlalu lama di depan komputer, televisi, dan Hp. Karena bila radiasi yang diterima mata terlalu banyak akan menyebabkan mata kelelahan dan kering.

Demikian beberapa tips perawatan kesehatan mata yang dapat anda jadikan kebiasaan sehari-hari.

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Mata"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Mata ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete