Tips Perawatan Kesehatan Lutut

Tips Perawatan Kesehatan Lutut - Lutut merupakan persendian terbesar dalam tubuh serta menjadi salah satu yang paling kompleks. Lutut menjadi tempat pertemuan antara femur (tulang paha) dengan fibula (tulang betis) dan tibia (tulang kering) yang saling dihubungkan dengan ligamen, serta ditutup dengan patela yaitu tempurung lutut.

Tips Perawatan Kesehatan Lutut

Pada lutut, terdapat empat ligamen utama yang bertugas sebagai ikatan yang kuat guna menjaga stabilitas pada lutut yaitu ligamen kolateral medial, lateral, krusiata posterior, dan anterior. 

Banyak dari kita yang mengabaikan beberapa tips perawatan kesehatan lutut karena menganggap hal tersebut tidaklah penting. Padahal membuat lutut untuk menjadi selalu sehat dan kuat sangatlah penting untuk menjaga mobilitas diri agar tidak menurun seiring bertambahnya usia. Seringkali kita mengabaikan kesehatan lutut, seharian beraktivitas tanpa peduli akan kondisi lutut yang masih baik-baik saja atau sudah sakit. Aktivitas sehari-hari seperti menyusuri jalan atau tangga menurun, serta mengangkat barang-barang berat dapat menyebabkan beberapa masalah lutut. Beberapa masalah lutut tersebut seperti nyeri lutut, pembengkakan lutut, lutut kaku (sulit digerakkan), kulit lutut merah dan hangat, lutut lemas dan tidak stabil, dan terdengar bunyi gemeretak pada lutut.

Berikut beberapa tips perawatan kesehatan lutut yang wajib anda tahudan kenali untuk memastikan anda mampu bergerak aktif dan atraktif selama mungkin.

1. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi kaya kalsium

Makanan sehat dan bernutrisi kaya kalsium dapat membantu mengurangi dan mencegah sakit sendi lutut. Kalian dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kacang polong, sayur-sayuran seperti buncis dan bayam, ikan seperti ikan salmon, dan susu maupun produk olahan susu seperti keju, yogurt, dan susu skim.

2. Jaga stabilitas berat badan

Menjaga kestabilan berat badan sangatlah penting, karena kelebihan berat badan mampu menambah beban dan ketegangan pada lutut, sehingga dapat menimbulkan sakit lutut.

Menjaga kestabilan berat badan berhubungan dengan pola hidup sehat. Lakukanlah olahraga secara aktif dan rutin setidaknya tiga hingga lima kali dalam seminggu selama 20 menit. Hindari juga mengkonsumsi makanan cepat saji dan berlemak tinggi.

3. Paham akan dasar kesehatan lutut

Memahami akan dasar kesehatan lutut berhubungan dengan pengetahuan dan wawasan akan informasi kesehatan lutut. Informasi terkait yaitu paham akan anatomi lutut, penyebab dan penanganan sakit dan cedera lutut, serta paham akan bagian-bagian tubuh lain yang mempengaruhi lutut. Dengan informasi-informasi tersebut diharapkan kita dapat lebih menjaga kesehatan lutut serta tidak panik saat mengalami sakit lutut.

4. Perkuat otot-otot sekitar area lutut

Memperkuat dan merawat otot-otot dapat mengurangi resiko sakit lutut. Kalian dapat melakukannya dengan beberapa tahapan peregangan (stretching) pada betis, paha depan, dan paha belakang. Serta lengkapi dengan gerakan-gerakan melatih memperkuat otot sekitar area lutut seperti jongkok dan menarik kaki ke pantat belakang.

5. Konsultasi dan pengobatan medis

Kosultasi dapat dilakukan dengan orang medis terkait menjaga kesehatan lutut dan mencegah serta melakukan pengobatan medis sakit lutut. Bila anda sudah terkena cedera lutut segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat serta lakukan terapi fisik paskah cedera untuk mengembalikan kesehatan fisik lutut.

Itulah beberapa tips perawatan kesehatan lutut yang bisa anda jadikan referensi dan mempraktikannya dimana saja, baik dirumah, tempat kerja, maupun tempat study terutama bagi anda yang tidak ngin mengalami sakit persendian lutut. Jaga dan sayangi lutut anda agar tetap sehat dan kuat.




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Perawatan Kesehatan Lutut"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Lutut ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete