Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Kesehatan Kuku Tangan

Tips Perawatan Kesehatan Kuku Tangan - Siapa yang tidak ingin dalam perawatan kesehatan kuku tangan itu simple, murah, dan efektif, khususnya untuk wanita. Kuku tangan merupakan bagian tulang yang tumbuh pada ujung jari tangan berbentuk pipih berukuran tipis serta sedikit melebar mengikuti ukuran jari. Biasanya dibagian bawah kuku tangan terdapat warna kemerahan karena terdapat pembuluh kapiler yang bertugas menerima suplai darah.

Tips Perawatan Kuku Tangan

Kuku tangan berfungsi memberikan perlindungan terhadap ujung jari tangan sebagai tempat berkumpulnya syaraf-syaraf penting agar tidak terluka dan tetap terlindungi. Memiliki kuku tangan yang sehat, cantik, dan mengkilau merupakan dambaan bagi setiap wanita. Namun terkadang banyak orang malas dan tidak tahu cara merawat kuku tangan, oleh sebab itu jangan mengabaikan tips perawatan kesehatan kuku tangan yang sering anda baca atau mungkin dengar.

Kita tahu bahwa kuku tangan dapat dijadikan indikator kesehatan tubuh. Kuku tangan yang tidak sehat menunjukkan adanya ketidakberesan tubuh dalam menjalankan fungsinya. Selain itu kuku tangan yang tidak sehat menunjukkan seberapa buruk asupan gizi yang kita makan. Beberapa masalah kerusakan kuku yang sering menimpa kuku tangan diantaranya kuku pecah-pecah, kusam, kuning berjamur, dan kuku super keras sehingga sulit dipotong. 

Perawatan kesehatan kuku tangan tidak harus dilakukan di dan oleh salon maupun klinik kecantikan. Dengan panduan tips perawatan kesehatan kuku tangan, anda dapat melakukannya dirumah. Anda jadi dapat menghemat uang menyewa jasa salon serta dapat menghabiskan waktu lebih banyak dirumah.

Salah satu alasan agar tips perawatan kesehatan kuku tangan dilakukan sendiri lebihsimpel, murah, dan efektif yaitu cepatnya pertumbuhan kuku tangan dan tergantung akan suhu tubuh. Cukup dengan mencukupi kebutuhan air mineral dalam dalam tubuh. Mineral terbukti mampu membuat kuku tangan menjadi kuat, mengkilap, dan tidak kering.

Kalian juga dapat menerapkan tips perawatan kesehatan kuku tangan dengan bahan alami yang mudah didapat seperti:

1. Mengoleskan aloe vera (lidah buaya) secara merata pada permukaan kuku tangan.

2. Menggosok secara langsung atau mengoleskan parutan bawang putih merata lalu didiamkan hingga kering dan bilas.

3. Menggosok merata permukaan kuku tangan dengan kulit semangka, lau bilas saat sudah kering.

4. Menggosok kuku tangan dengan potongan belimbing wuluh hingga kuku tangan bersih dan mengkilau.

5. Mengoleskan campuran perasan air lemon dan pasta gigi pemutih, dibiarkan kering lalu bilas dengan air hangat.

6. Mengoleskan campuran madu dan minyak zaitun yang sudah dipanaskan lalu ditambah dengan kocokan telur. Dibiarkan 10-15 menit olesan pada kuku tangan, kemudian dibersihkan.

7. Mengoleskan getah pepaya pada kuku tangan dapat membantu membersihkan kulit luar kuku sehingga tidak pecah dan tidak mengelupas.

Selain beberarapa tips perawatan kesehatan kuku diatas kalian juga harus senantiasa untuk :

1. Menjaga kebersihan kuku tangan seperti, memotong kuku tangan secara berkala dan rutin agar tidak rawan patah dan mengganggu aktivitas diri. Kalian juga dapat menggunakan alat pembersih khusus dengan syarat tidak melukai bagian dalam kuku tangan. 

2. Menghindari mencuci piring dan baju dengan tangan polos tanpa sarung tangan. Bahan kimia yang terkandung pada pencuci piring dan detergent dapat menjadi penyebab kerusakan kuku tangan seperti pecah-pecah dan kuku tangan menjadi kasar.

3. Mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh untuk menghindari kuku tangan menjadi kusam.

4. Menghindari pemakaian cat kuku dan nail remover yang tidak berkualitas (kualitas rendah). Pemakaian cat kuku dan nail remover yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kekusaman dan kerusakan pada kuku tangan.

5. Mejaga kelembapan kuku tangan sebagai upaya mencegah kerapuhan kuku tangan. Anda dapat melembapkan kuku tangan dengan mengoleskan pelembab kuku tangan secara terarur, rutin, dan merata.

Demikian yang dapat anda lakukan untuk merawat kesehatan kuku tangan anda yang dapat anda coba. Simple, Murah, dan Efektif!    

1 comment for "Tips Perawatan Kesehatan Kuku Tangan"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Kuku Tangan ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete