Tips Perawatan Kesehatan Hidung

Tips Perawatan Kesehatan Hidung - Anda wajib membaca tips perawatan kesehatan hidung secara alami berikut ini. Jika kesehatan hidung kita bermasalah akan menganggu aktivitas kegiatan kita sehari-hari, bahkan menganggu orang-orang yang ada disekitar kita. Dengan keadaan lingkungan yang tidak menentu terkadang bersih ataupun kotor, maka akan mempermudah berkembangnya beberapa kuman atau bakteri sehingga menyebabkan munculnya penyakit.

Tips Perawatan Kesehatan Hidung

Penyakit hidung yang sering terjadi pada masyarakat adalah pilek. Pilek adalah radang yang terjadi pada lapisan hidung & tenggorokan, sehingga bisa menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Pilek disebabkan oleh virus coronaviruses dan rhinoviruses. Tips perawatan kesehatan hidung jika terjadi pilek dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan dan beristirahatlah yang cukup. Jika belum sembuh periksalah kedokter dan mintalah resep obat yang boleh diminum.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa tips perawatan kesehatan hidung. Apa saja yang perlu dilakukan agar hidung tetap sehat ? yukss intip beberapa penjelasan berikut ini.

1. Hindari menggorek hidung dengan jari tangan

Jangan membiasakan diri anda dan anak anda untuk menggorek hidung dengan jari tangan. Hal ini dapat menyababkan terjadinya infeksi pada indera penciuman. Selain itu jika kuku pada jari tangan anda panjang dan digunakan untuk menggorek hidung dapat melukai hidung.

2. Membersihkan kotoran yang menempel dihidung

Penyakit flu dan pilek dapat menyerang siapa saja dan kapanpun. Seseorang yang terkena flu dan pilek, biasanya akan diiringi dengan keluarnya lendir pada setiap kali bersin. Jika lendir tersebut dibiarkan, maka akan mengering dan melekat di hidung. Ini akan membuat hidung terlihat kotor & jorok. Maka saat bersin, sebaiknya segera membersihkan lendir-lendir tersebut agar hidung selalu bersih. Ataupun jika ada kotoran kering yang melekat pada hidung dapat dibersihkan dengan cotton buds.

3. Membersihkan hidung dengan air garam

Ada suatu penelitian yang menerangkan bahwa membersihkan hidung dan organ sinus dapat menggunakan larutan garam hangat, hal ini bertujuan untuk membantu menurunkan resiko infeksi maupun masalah kronis lainnya pada organ tersebut.

4. Memperhatikan penggunaan obat-obatan

Jangan dibiasakan untuk menggunakan beberapa jenis obat-obatan secara terus menerus. Hal ini menyebabkan suatu masalah pada hidung sebagai efek samping. Beberapa contoh diantaranya adalah hidung tersumbat yang disebabkan oleh kemacetan rebound. Oleh karena itu, sebaiknya mengkonsultasikannya dengan Dokter atau tenaga medis lainnya sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

5. Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun

Tangan termasuk tempat timbulnya suatu bakteri ataupun kuman. Kita sering memegang benda apapun tanpa diketahui bahwa benda tersebut bersih atau kotor. Jika kita ingin terhindar dari berbagai macam penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang hidung dan sinus dilakukan dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara baik dan benar agar kuman penyebab penyakit menjadi mati.

6. Menghindari sumber infeksi

Apabila ada seseorang yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pilek, utaupun infeksi saluran pernafasan yang lainnya. Sebaiknya anda untuk menjauhi kontak langsung dengan orang tersebut agar virus tidak menular yang dibawa oleh udara. Udaralah yang menyebabkan kita tertular.

7. Menjaga kelembapan udara dalam ruangan

Menjaga kelembapan udara sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Udara yang kering ini bisa mengakibatkan sinus menjadi kering. Sehingga dapat menyebabkan organ tersebut rentan terhadap infeksi bakteri. Selain itu saat musim dingin menjaga kelembapan udara juga sangatlah penting. Kelembapan udara yang baik untuk kesehatan sinus adalah 40% s/d. 50%. Kelembapan udara diatas 60% dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, tungau dan debu..

8. Memenuhi asupan cairan dalam tubuh

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh sangat bermanfaat untuk menjaga organ sinus dan hidung agar tetap lembab. Hal ini dapat menciptakan kesehatan hidung tetap baik dan kurang rentan terhadap serangan infeksi penyakit berbahaya.

9. Berusaha menghindari sumber alergi

Jika Anda seorang penderita alergi, maka yang perlu dilakukan adalah meminimalkan kontak dengan sumber alergi seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, maupun sumber yang lainnya untuk mencegah kerusakan pada organ hidung dan sinus Anda.

10. Melindungi tubuh dan polusi lainnya

Udara diluar ruangan banyak menghasilkan debu ataupun polusi. Jika anda sering beraktivitas diluar rungan atau tempat-tempat yang banyak mengandung debu selain itu jika anda berkendara sepeda sebaiknya menggunakan penutup hidung masker selama beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk melindungi organ hidung kita agar tidak menghirup zat-zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit.

Dari beberapa tips perawatan kesehatan hidung secara alami tersebut lakukan dalam kehidupan sehari-harimu agar kesehatan organ hidung tetap baik sehingga tidak mengganggumu dalam beraktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan hidung ternyata dapat dimulai dengan melakukan beberapa kebiasaan kecil ini. Jangan pernah meremehkan kesehatan hidungmu karena hidung termasuk organ penting dalam tubuh kita.




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Perawatan Kesehatan Hidung"

  1. Semoga Artikel yang berisi Tentang Informasi Tips Perawatan Kesehatan Hidung ini dapat bermanfaat.

    ReplyDelete